find us on : | Online : 8 | Today : 100 | Hits : 261 | Total Visitor : 373050
Senin, 16 Desember 2013 - 16:28:00 WIB
Skala Prioritas
by : EM | Kategori: Motivasi | Dibaca: 2878 kali

Setiap orang harus dapat menentukan skala prioritas dari semua urusannya untuk dapat menggapai impiannya. Karena dapat dipastikan tidak semua urusan merupakan hal yang penting, mendesak, dan harus dilakukan. Sebagian urusan merupakan hal yang tidak penting, tidak mendesak, bahkan tidak harus dilakukan. 

 

Bagaimana seseorang menentukan skala prioritas sangat tergantung dengan kebutuhan dan keinginan yang dimilikinya. Namun, secara umum tahapan yang dilalui untuk membuat skala prioritas tidaklah berbeda.

 

Hal pertama adalah mengelompokkan setiap urusan ke dalam kategori, yaitu penting, tidak penting, mendesak, dan tidak mendesak. Hal-hal penting itu adalah hal yang harus Anda lakukan untuk mencapai sesuatu. Misalnya, Anda adalah seorang pebisnis, maka penting bagi Anda untuk mempelajari kemampuan manajerial, baik itu manajemen keuangan, sumber daya, atau pun manajemen waktu. Atau jika Anda saat ini masih menjadi mahasiswa, maka penting bagi Anda untuk menghadiri kegiatan perkuliahan dan belajar agar Anda dapat lulus tepat waktu serta mendapat nilai yang baik.

 

Sedangkan hal-hal yang tidak penting adalah hal yang tidak akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan Anda. Misalnya, Anda adalah seorang pemain basket, maka mengembangkan kemampuan menulis bukanlah hal penting bagi Anda. Namun, berbeda jika Anda adalah seorang editor. Anda harus dapat menulis dengan bahasa yang baik dan ejaan yang benar.

 

Hal selanjutnya berkaitan tentang tenggat waktu untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya, Anda adalah seorang desainer pakaian. Anda harus membuat minimal satu desain pakaian terbaru setiap bulan dan diserahkan kepada atasan Anda setiap tanggal 30. Ketika tanggal 1 dan Anda belum mengerjakannya, hal itu dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak mendesak. Namun, jika Anda belum menyelesaikannya pada tanggal 29, maka hal itu dapat dianggap sebagai sesuatu yang mendesak.

 

Untuk mencapai hal yang Anda inginkan, dahulukanlah hal-hal yang penting bagi Anda. Lakukan hal-hal tersebut sebelum waktunya mendesak agar Anda punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Anda pun harus berani untuk meninggalkan hal-hal yang tidak penting bagi Anda, apalagi jika hal itu sama sekali tidak bermanfaat untuk kehidupan Anda.

 

Dan mulai saat ini, buatlah skala prioritas Anda. Jangan sampai Anda menyesal karena telah menyia-nyiakan waktu karena melakukan begitu banyak hal yang tidak berhubungan dengan impian Anda. Jangan sampai Anda membuang-buang kesempatan untuk melakukan hal-hal penting yang akan mengantar Anda pada impian Anda hanya karena Anda disibukkan dengan hal-hal yang tidak penting, tidak mendesak, dan tidak harus dilakukan.






Iklan Baris Belajar bisnis BUSANA MUSLIMAH 2juta dapat harga grosir, PIN 274FC9E6 / 085692305041 / 02196990678

Menjual Jaket bola dengan harga Murah dan ada diskon juga.. Welcome reseller dan dropship



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar