find us on : | Online : 3 | Today : 264 | Hits : 569 | Total Visitor : 510399
Jum'at, 08 Agustus 2014 - 07:07:17 WIB
Selalu Ada Hikmah Dibalik Musibah
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 2189 kali

Selalu Ada Hikmah Dibalik Musibah


Banyak orang yang uring-uringan, bahkan tidak terima ketika ditimpa musibah. Alih-alih berpikir memetik hikmah dari musibah yang terjadi, mereka malah sibuk mencari kambing hitam untuk dijadikan sasaran pelampiasan amarah. Kami berwasiat jangan pernah kita bertindak bodoh seperti itu.
Kita mesti memahami terkadang Allah memberikan pelajaran berharga melalui musibah. Karena, kita tidak jua mengerti dengan cara-cara biasa. Mungkin karena kebodohan kita. Ketika musibah itu terjadi, kita baru ngeh dan sadar. Kami pun pernah mengalami hal seperti ini.  
Ketika itu libur lebaran, kami sekeluarga sedang mudik. Semua karyawan juga mudik. Pabrik dalam keadaan kosong. Pada waktu musim hujan lagi deras-derasnya. Tak kami duga, daerah tempat pabrik kami kebanjiran. Pabrik pun ikut kebanjiran. Tak ayal lagi, boneka-boneka yang ada di pabrik basah semua.
Kami kaget sekali ketika pulang liburan mendapati pabrik dalam keadaan seperti itu. Pertama yang kami lakukan adalah segera mengembalikan urusan ini kepada Allah. Kami ikhlas dengan musibah ini. Kemudian, kami berpikir mau diapakan boneka-boneka ini? Kalau dijual kiloan, akan rugi besar.
Terlintaslah ide untuk mencuci boneka-boneka itu. Akhirnya, semua boneka kami cuci sampai bersih, lalu dijemur. Setelah kering, terpikir lagi oleh kami untuk menjualnya dengan menggelar di depan pabrik. Tidak disangka banyak warga sekitar yang berminat. Rupanya selama ini mereka memang berniat membeli boneka kami, tetapi diurungkan karena pabrik kami tidak menjual satuan.
Musibah kebanjiran itu, membuat kami “terpaksa” menggelar dagangan boneka dan menjual satuan. Ternyata karena dijual satuan, kami mendapat margin keuntungan lebih besar. Dalam sehari saja kami mendapat omset 14 juta rupiah. Alhamdulillah, semua boneka laku terjual. Inilah yang disebut selalu ada hikmah dibalik musibah. Musibah adalah rahmat yang belum tahu manfaatnya.
Kami pun berpikir, kenapa harus kena banjir dulu, baru terpikir untuk menjual boneka satuan dengan menggelar dagangan. Akhirnya, metode menggelar dagangan menjadi salah satu strategi jualan kami. Alhamdulillah, hasilnya cukup signifikan.    
    Oleh karena itu, jangan panik saat menghadapi musibah. Apalagi mengeluh dan menggerutu. Tenang saja. Berpikirlah untuk mencari hikmah dibalik musibah itu. Karena, pasti ada hikmahnya. Analoginya, jika nasi sudah terlanjur menjadi bubur. Ya sudah,  jangan sibuk membahas kenapa nasi ini bisa menjadi bubur. Akan tetapi, berpikirlah bagaimana caranya agar bubur menjadi enak dan lezat.

Sumber : Buku Menjadi Muslim Milyarder by @AnangSujana






Iklan Baris Peluang Bisnis Distributor Produk Kesehatan dan Perawatan sehari-hari untuk Wanita, Pria & Anak-anak

buku BERBISNIS DG IMAN DAN BUKU MENJADI MUSLIM MILIARDER,SEDIA DI GRAMEDIA.



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar