find us on : | Online : 1 | Today : 33 | Hits : 47 | Total Visitor : 416958
Jumat, 27 Desember 2013 - 10:21:00 WIB
Saat Harus Menangis
by : EM | Kategori: Motivasi | Dibaca: 2321 kali

"Sudah, jangan cengeng!" Itu adalah kata-kata atau nasihat yang selalu kita dengar sewaktu masih kecil. Terutama setelah jatuh atau diledek anak lain. Dan betapa girangnya hati ketika kita dijuluki jagoan, karena menghadapi masalah tidak dengan air mata.

 

Semakin dewasa, menjadi tegar ketika tertimpa permasalahan adalah keniscayaan bagi pribadi yang ingin dianggap kuat. Tidak berkeluh kesah dan cengeng. Kesannya maskulin banget, terutama buat laki-laki. Karena itu menangis sering diartikan ketidakmampuan atau kelemahan.

 

Tapi tahukah kita bahwa ketika menghadapi masalah apalagi yang cenderung berat, seperti tertimpa musibah atau kehilangan sesuatu yang kita sukai, bisa membuat stress. Reaksi tubuh kita pun akan meresoon stressor itu dengan mengeluarkan hormon teetentu. Misalnya hormon kortisol yang membuat tekanan darah naik dan mempercepat denyut jantung. Atau bisa juga timbul gejala-gejala penyakit psikosomatis, seperti maag, dan lain-lain.

 

Agar tidak berlanjut menjadi kondisi yang semakin serius, perlu bagi kita untuk menenangkan diri. "Menangislah." Kata nasihat bijak. Beberapa orang tersenyum nyinyir mendengar itu. Tapi sebagai tahap pertama mengurangi stres, menurut riset dan pengalaman, mengeluarkan air dari mata bisa mengurangi tingkat depresi dan juga bisa membuat perasaan lebih baik.

 

Bahkan menurut para ilmuwan, menangis bisa memicu keluarnya endorfin, hormon yang membuat kita merasa nyaman. Tak heran jika setelah menangis, kita merasa lebih tenang dan lega.

 

Menangis tidaklah dilarang, justru dianjurkan jika dilakukan dalam porsi yang wajar. Menangis tidak hanya menyembuhkan luka. Menangis juga bisa memotivasi kita untuk bangkit kembali dalam menata kehidupan. Menangis tidak berarti cengeng. Menangis itu terapi sederhana dalam menyelesaikan masalah.***






Iklan Baris Di Jual Rumah Ada 2 unit luas 120m2 tingkat 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 550jta perunit

Peluang Bisnis Distributor Produk Kesehatan dan Perawatan sehari-hari untuk Wanita, Pria & Anak-anak



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar