find us on : | Online : 3 | Today : 151 | Hits : 336 | Total Visitor : 379787
kamis, 03 Juli 2014 - 07:07:07 WIB
Menyikapi Perbedaan Pendapat
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 2013 kali

Menyikapi Perbedaan Pendapat

Dalam sekumpulan manusia, adalah suatu kewajaran bila terjadi perbedaan pendapat. Ini sudah merupakan sunatullah. Jangankan di kalangan manusia, dalam suatu kisah pernah disebutkan golongan malaikat pun pernah bersilang pendapat.

Perbedaan pendapat janganlah sampai menimbulkan perselisihan dan perpecahan. Sesungguhnya Allah SWT telah melarang kita daripada terpecah belah, karena perpecahan akan membuat lemahnya umat.

“Dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu” (QS. al-Anfal: 46)

Dalam mengatasi perbedaan pendapat terhadap sesuatu hal hendaknya masing-masing pihak yang berselisih paham duduk berkumpul untuk menemukan kata sepakat. Bilamana pihak-pihak yang berselisih tidak bisa berijtihad atau menelaah, meneliti dan menetapkan hukum suatu perkara berdasarkan Qur’an dan hadits, maka wajib bagi mereka memanggil pemuka atau pemimpin agama untuk dicarikan solusinya, hingga mereka dapat berittiba’ atau menurut kepada pendapat yang mereka yakini kebenarannya.

“Jika kamu berselisih (berbantah-bantah) tentang sesuatu (perkara) maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir, yang demikian itu lebih baik dan sebaik-baik jalan” [An-Nisa:59]

Dalam menghadapi perbedaan pendapat, hendaknya kita menjunjung tinggi toleransi dan sikap saling menghargai pendapat orang lain. Sabar dan saling berlapang dada serta tidak menganggap pendapat sendiri yang paling benar, apalagi sampai menyalah-nyalahkan pendapat orang lain. Sikap yang demikian bukan saja menimbulkan perpecahan, namun juga rusaknya ukhuwah islamiyah.






Iklan Baris Ingin berbisnis baju wanita? potensi untung hingga 100% bahkan lebih >> 081297200852 | pin 75C0A5EC

Menjual Jaket bola dengan harga Murah dan ada diskon juga.. Welcome reseller dan dropship



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar