find us on : | Online : 1 | Today : 36 | Hits : 97 | Total Visitor : 348897
Rabu, 28 Mei 2014 - 07:07:07 WIB
Menjadi Mukmin yang Cerdas
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 1310 kali

Menjadi Mukmin yang Cerdas

 

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Thabrani dan Al Haitsamiy, dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seorang lelaki Anshar, “Siapa orang mukmin yang paling cerdas?”

Rasulillah menjawab, “Yang paling banyak mengingat mati (muhasabah), kemudian paling baik dalam mempersiapkan kematian, itulah orang yang paling cerdas.”

 

Kita hanya diberi waktu yang singkat untuk dapat berpuas-puas menikmati dunia dan segala kemurahan isinya. Dan orang mukmin yang cerdas, tentunya orang yang mampu memanfaatkan waktu yang sempit ini dengan mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya, sebagai interperasi dari mempersiapkan diri menghadapi  kematian yang kita tidak ketahui kapan datangnya.

 

Dengan mengingat mati, secara otomatis kita juga diingatkan untuk melakukan apa-apa yang diperintah Allah melalui Qur’an dan Rasul-Nya. Karena mengingat mati, kita akan terdorong untuk menggiatkan sunnah, menjalankan yang wajib dan meninggalkan yang haram.

 

Waktu kita hidup di dunia cuma sesaat. Allah menjabarkan perbandingan waktu dunia dengan waktu di akhirat sebagaimana tertulis dalam QS. Al Hajj:47

 

‘Dan sesungguhnya satu hari (menurut perhitungan) Tuhanmu adalah seperti 1000 tahun menurut perkiraanmu’

 

Bila 1000 tahun di dunia sama dengan 1 hari di akhirat, berarti umur kita hidup di dunia tak sampai sehari di akhirat. Singkat sekali. Karena itulah, sebagai mukmin (orang yang beriman) kita harus cerdas, beramal dan beribadah yang benar dengan tujuan yang benar (karena Allah) agar mendapatkan hasil yang maksimal, demi kehidupan yang mulia kelak di akhirat. Aamiin.






Iklan Baris Punya BB, facebook, twitter tapi belum hasilkan uang? malah ngabisin quota, yuk jualan baju aja

cara menghasilkan uang secara online, resmi bersertifikat nasional dan internasional.



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar