find us on : | Online : 8 | Today : 49 | Hits : 203 | Total Visitor : 336267
Sabtu, 13 September 2014 - 07:07:17 WIB
Membaca Prospek
by : NC | Kategori: Bisnis | Dibaca: 1455 kali

Membaca Prospek

Sebagai pelaku usaha, kelihaian membaca peluang atau prospek pasar adalah salah satu modal untuk dapat menembus persaingan usaha. Apalagi usaha yang dikembangkan memproduksi barang yang sudah jamak di pasaran. Produk-produk lain yang memerlukan strategi agar mampu menjaring konsumen juga sangat memerlukan kemampuan ini.
Sebut saja produsen boneka. Sebagai produk yang bukan kebutuhan pokok, strategi pemasaran yang paling penting adalah membuat diversifikasi produknya. Salah satu produsen boneka yang cukup terkenal adalah Hayashi Toys, dengan Anang Sujana sebagai ownernya.
Pelaku usaha sejenis memang belum terlalu banyak, sementara permintaan pasar cukup tinggi. Anang mengakui, saat ini perusahaannya baru mampu memenuhi sekitar 2,5% dari kebutuhan pasar.
Sebagai strategi agar produknya dilirik di pasaran, Anang selalu mengeluarkan bentuk-bentuk baru pada setiap design boneka yang dibuatnya. Inspirasi bentuk dan model boneka biasanya ia dapatkan dari tokoh-tokoh kartun atau binatang yang sedang booming di televisi. Kadang, boneka pesanan konsumen yang bentuk dan disainnya dianggap bagus oleh Anang Sujana diperbanyak dan dijual di pasaran. Setiap minggu, setidaknya Hayashi Toys mengeluarkan dua produk baru, tanpa khawatir akan adanya persaingan. Menurutnya, kualitas produk dan kreatifitas dari si pembuatlah yang menjadi penentu sukses tidaknya produk tersebut meraih kepercayaan konsumen.
Namun perlu diingat pula bahwa peluang atau prospek tidak hanya dilihat dari varietas atau jenis produk yang ditawarkan. Selidiki pula faktor kebutuhan pasar. Membuat produk beraneka jenis namun tidak menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat umum akan menjadikan produk tersebut sia-sia, karena tidak ada konsumen yang merasa perlu dengan barang itu.
Faktor jumlah barang yang beredar juga bisa dijadikan peluang. Bila kebutuhan konsumen akan suatu barang tinggi, sementara keberadaan barang tersebut kurang atau jarang, adalah prospek yang sangat bagus untuk meluncurkan suatu produk.
Selamat mempelajari setiap peluang!

Sumber: www.anangsujana.com






Iklan Baris cara menghasilkan uang secara online, resmi bersertifikat nasional dan internasional.

Di Jual Rumah Ada 2 unit luas 120m2 tingkat 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 550jta perunit



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar