find us on : | Online : 1 | Today : 186 | Hits : 265 | Total Visitor : 402514
, 00 0000 - 00:00:00 WIB
Jangan Iri Hati
by : EM | Kategori: Spritual | Dibaca: 10222 kali

Sering kali kita tidak menyadari tentang sifat atau perilaku yang harus dihindari. Salah satunya adalah hasad atau dengki. Hasad hadir ketika ada rasa tidak suka terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain, baik diiringi harapan agar nikmat tersebut pergi ataupun sekedar tidak suka. Hasad berarti kita tidak menerima takdir yang Allah tetapkan, bahwa seseorang lebih dari kita. Hasad bahkan dapat membuat kita melupakan nikmat yang telah Allah berikan untuk kita karena terlalu sibuk menilai orang lain. Hasad dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 32:

 

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain (karena) bagi orang laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.”

 

Hasad atau dengki merupakan akhlak tercela yang sangat merugikan, baik bagi orang lain ataupun diri sendiri. Rasa dengki dalam hati ketika orang lain menerima nikmat yang lebih bukan hanya membuat kita menderita, tetapi juga membuat kita berdosa.

 

Hasad dapat menghabiskan kebaikan seperti api melahap kayu bakar. Mengapa demikian? Hasad membuat kita cenderung berbuat zalim kepada orang yang kita dengki. Misalnya, membicarakan keburukan orang yang didengki untuk menurunkan martabatnya atau agar orang lain benci kepadanya. Ingatlah bahwa orang yang dizalimi punya hak di akhirat nanti untuk mengambil kebaikan orang yang menzaliminya. Jika kebaikan orang yang menzalimi sudah habis, maka dosa orang yang dizalimi akan dikurangi lalu diberikan kepada orang yang menzalimi. Maka, betapa ruginya orang yang hasad.

 

Semoga kita semua terlindung dari sifat hasad dan dari orang hasad. Aamiin






Iklan Baris Belajar bisnis BUSANA MUSLIMAH 2juta dapat harga grosir, PIN 274FC9E6 / 085692305041 / 02196990678

buku BERBISNIS DG IMAN DAN BUKU MENJADI MUSLIM MILIARDER,SEDIA DI GRAMEDIA.



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar