find us on : | Online : 4 | Today : 187 | Hits : 375 | Total Visitor : 387705
Sabtu, 21 Desember 2013 - 13:10:00 WIB
Ikhlas
by : EM | Kategori: Spritual | Dibaca: 5422 kali

Suatu ketika Rasulullah saw ditanya oleh seorang sahabatnya, “Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan ikhlas?” Tidak seperti biasanya, kali ini Rasulullah tidak langsung menjawab. Rasulullah berdiam sejenak, kemudian memusatkan perhatian, dan menyampaikan pertanyaan serupa kepada Malaikat Jibril as.

 

Setelah itu, Rasulullah bersabda, “Aku bertanya kepada Jibril as. apakah ikhlas itu?” Lalu, Jibril bertanya kepada Allah, Tuhan Yang Mahasuci,  tentang ikhlas.

 

Allah SWT menjawab, “Ikhlas adalah suatu rahasia dari rahasia-Ku yang Aku tempatkan di hati hamba-hamba-Ku yang Aku cintai.”

 

٭٭٭

Ikhlas memang tidak bisa diukur dan dinilai secara pasti. Ketika seseorang merasa telah ikhlas, bisa jadi pada saat yang sama ia telah kehilangan keikhlasan. Ketika ada orang yang mengklaim telah menguasai ikhlas, bisa jadi sebenarnya ia masih perlu banyak belajar tentang keikhlasan.   Hanya Allah yang bisa menilai keikhlasan.

 

Namun demikian, sebagai manusia kita harus berusaha meraih keikhlasan. Menurut kami, rumus ikhlas adalah LAKUKAN AMAL KEBAIKAN, LALU LUPAKAN. Jangan diingat-ingat. Apalagi dihitung-hitung dan ditunggu-tunggu balasannya. Tidak usah khawatir. Allah tidak akan lupa dengan kebaikan yang  kita lakukan. Allah juga Al-Hasib, Maha Menghitung. Jadi, tidak akan ada satu kebaikan pun yang luput dari perhitungan Allah.

 

Dengan demikian, ngapain kita sibuk-sibuk mengingat-ingat dan menghitung-hitung kebaikan yang kita lakukan. Apalagi jika sampai menagih-nagih balasan kebaikan kepada Allah. Ini sih semakin jauh dari keikhlasan.

 

Demikian pula, dalam hal membangun bisnis. Ya, kita lakukan saja usaha sebaik-baiknya tanpa ada sikap menuntut memeroleh hasil yang baik. Biarlah Allah yang menilai usaha dan amal kita. Jika menurut Allah baik, niscaya Dia akan memberikan hasil yang baik. Akan tetapi, jika hasilnya belum sesuai yang diharapkan, berarti usaha kita belum memenuhi standar penilaian Allah. Ya, perbaiki dan tingkatkan.  

 

Rumus ikhlas adalah LAKUKAN AMAL KEBAIKAN, LALU LUPAKAN. Jangan diingat-ingat. Apalagi dihitung-hitung dan ditunggu-tunggu balasannya.

 

Sumber:  Buku "Menjadi Muslim Milyarder" karya @AnangSujana 






Iklan Baris jual matras murah ukuran 2mtr harga supermurah grosir 380.000. hub 08176793339.

Expidisi di sungai mahakam pengankutan barang atau sejenisnya Memberikan Pelayanan yg terbaik.



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar