find us on : | Online : 2 | Today : 30 | Hits : 84 | Total Visitor : 342134
, 00 0000 - 00:00:00 WIB
Hati yang Bersyukur
by : EM | Kategori: Spritual | Dibaca: 7492 kali

Memiliki hati yang bersyukur berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa segala nikmat yang diperoleh merupakan karunia Allah. Segala nikmat yang dirasakan manusia berasal dan bersumber dari-Nya. Allah-lah pemberi nikmat kepada setiap hamba-Nya. 

  

Kesadaran dan keyakinan di atas membuat hati menjadi tenang.  Tidak ada rasa khawatir atau takut kehilangan nikmat yang telah diperoleh. Karena, kita  meyakini bahwa Allah yang memberikan nikmat dan karunia-Nya, maka Dia berhak pula untuk mengambilnya kembali jika Dia menghendaki.

 

Ilustrasinya seperti tukang parkir. Tukang parkir tidak pernah merasa memiliki berbagai mobil yang ada di area parkirnya. Karena, ia mengetahui bahwa ia hanya dititipi dan diamanahi untuk menjaga mobil-mobil itu dengan baik. Maka, ketika orang yang punya mobil mengambil kembali mobilnya, tidak ada rasa kecewa pada diri tukang parkir. Ia legowo memberikan kembali mobil-mobil itu kepada pemilik sebenarnya.

 

Demikianlah, sikap orang yang bersyukur. Karena ia meyakini bahwa segala nikmat bersumber dari Allah dan merupakan karunia-Nya, maka ia tidak  merasa memiliki aneka nikmat yang dia peroleh. Ia menyadari bahwa segala nikmat yang diperolehnya hanya merupakan titipan. Allah-lah pemilik sejati dari semua nikmat tersebut. 

 

Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa kesadaran dan penghayatan akan nikmat dan karunia Allah ini akan memberikan perasaan nikmat dalam hati yang jauh lebih tinggi daripada perasaan nikmat yang ditimbulkan dari kepemilikan seluruh harta kekayaan yang ada di alam ini. Terlebih jika melihat pahala yang didapat dari memuji Allah yang dapat dirasakan bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat nanti.

 

Semoga kita dapat menjadi orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Aamiin :)

 

Sumber: Buku "Menjadi Muslim Milyarder" karya @AnangSujana

 

 

 






Iklan Baris Punya BB, facebook, twitter tapi belum hasilkan uang? malah ngabisin quota, yuk jualan baju aja

Dapatkan berbagai inspirasi untuk mengHEBAT setiap hari...



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar