find us on : | Online : 1 | Today : 61 | Hits : 168 | Total Visitor : 416986
Jumat, 09 Mei 2014 - 07:07:07 WIB
Harga Diri Orang Miskin
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 3129 kali

Harga Diri Orang Miskin

 

Dalam sebuah majelis Rasulullah pernah berkata kepada para sahabatnya, “Orang miskin itu bukanlah mereka yang berkeliling meminta-minta kepada orang lain agar diberikan sesuap-dua suap makanan dan satu-dua butir kurma.”

Para Sahabat pun bertanya, “Ya Rasulullah, (kalau begitu) siapa yang dimaksud orang miskin itu?”

Beliau menjawab, “Mereka ialah orang yang hidupnya tidak berkecukupan, dan dia tidak mempunyai kepandaian untuk itu, lalu dia diberi shadaqah (zakat), dan mereka tidak mau meminta-minta sesuatu pun kepada orang lain.

 

Begitulah (marwah) harga diri yang diajarkan oleh Rasulullah. Meskipun miskin, tidak selayaknya kalau ketidak-beradaannya dieksploitasi sedemikian rupa sehingga membuat orang iba.

 

Jauh berbeda dengan kenyataan yang kita hadapi. Seringkali kita mendengar puluhan pengemis yang terjaring Satpol PP setiap harinya. Mungkin Anda pernah mendengar berita bahwa dua orang pengemis ditangkap di jalanan dan mereka didapati memegang uang sebesar 25 juta rupiah. Atau mungkin Anda mengenal Cak To. Seperti yang pernah diberitakan JawaPos (2007), lelaki asal Madura ini menjadi “Bos” bagi 54 pengemis di Surabaya dan menerima ‘setoran’ dari pasukannya dengan nilai yang fantastis kala itu, 9 juta rupiah sebulan. Mengemis baginya adalah pekerjaan yang diwariskan oleh keluarganya.

 

Sepatutnya kita bisa meniru tingkah laku Rasul dan para sahabatnya. Sebagaimana Allah telah memberi petunjuk kepada kita melalui ayatnya,

“Orang yang tidak tahu menyangka mereka kaya karena memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka melalui sifat-sifatnya yang tidak meminta kepada orang secara mendesak.” (QS. Al Baqarah:273)

 






Iklan Baris Belajar bisnis boneka modal 2juta dpt harga grosir, itemnya bisa milih PIN 28B3A94E / 08176793339.

Peluang Bisnis Distributor Produk Kesehatan dan Perawatan sehari-hari untuk Wanita, Pria & Anak-anak



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar