find us on : | Online : 5 | Today : 50 | Hits : 221 | Total Visitor : 336268
, 00 0000 - 00:00:00 WIB
Bisnis, Nggak Harus Pakai Strategi
by : IDP | Kategori: Bisnis | Dibaca: 3028 kali

Strategi bisnis memang dibutuhkan dalam usaha. Akan tetapi, itu dipakai jika usaha sudah berjalan. Untuk pengembangan dan perluasan usaha, kita memang butuh strategi. Akan tetapi, jika baru mau mulai usaha, nggak usah banyak mikirin strategi. Buka saja dulu usahanya. Jangan banyak teori dulu. Langsung saja praktik. Saat sudah praktik itulah, kita akan banyak belajar teori.

Ibarat orang latihan renang. Lebih efektif langsung nyebur ke kolam, tapi jangan kolam yang dalam. Kolam yang dangkal saja dulu. Saat nyebur itulah, kita belajar menggerak-gerakkan kaki dan tangan. Perlahan-lahan kita bisa berenang. Begitu pula dengan usaha. Buka saja dulu usahanya. Usaha kecil-kecilan saja dulu. Namanya juga tahap belajar. Kalau sudah mulai terampil mengelola usaha kecil, baru perlahan besarkan usaha kita.

Coba kalau mikirin strategi dulu, nggak bakalan buka-buka usahanya. Pikiran kita dipenuhi oleh strategi marketinglah, promosilah, positioninglah, dan lainnya, padahal usahanya saja belum dibuka. Akhirnya, energi kita habis hanya untuk memikirkan sesuatu yang belum ril.

Buka saja dulu. Setelah ketemu jalan buntu, baru mikir. Jangan terbalik mikir dulu, akhirnya nggak buka-buka. Jadi, rumusnya buka dulu usahanya meski kecil. Baru mikirin strategi.

Rumus Anti Strategi:
- Buka saja dulu usahanya meski kecil-kecilan.
- Baru memikirkan strategi untuk membesarkan usaha tersebut.

Sumber : Buku "Menjadi Muslim Milyarder" hal 82 by @AnangSujana






Iklan Baris Expidisi di sungai mahakam pengankutan barang atau sejenisnya Memberikan Pelayanan yg terbaik.

Punya BB, facebook, twitter tapi belum hasilkan uang? malah ngabisin quota, yuk jualan baju aja



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar