find us on : | Online : 1 | Today : 30 | Hits : 62 | Total Visitor : 342134
Rabu, 11 Juni 2014 - 07:07:07 WIB
Berlaku Ikhlas
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 1699 kali

Berlaku Ikhlas

Seringkali kita dihadapkan pada sesuatu hal yang menuntut keikhlasan kita. Saat melakukan ibadah-ibadah wajib seperti Sholat, Puasa, ikhlas itu juga wajib. Ketika bersedekah, harusnya kita pun bisa ikhlas. Begitu pula saat melakukan amalan-amalan yang lain, baik itu amalan yang bersifat wajib ataupun sunnah. Ikhlas harus dijunjung tinggi. Seseorang tidak dianggap beragama dengan benar jika ibadah yang dilakukannya tidak diiringi dengan keikhlasan.

Apa sebenarnya makna ikhlas?
Ikhlas secara bahasa bermakna bersih dari kotoran, dan menjadikan sesuatu itu murni, tanpa campuran. Secara istilah, ikhlas diartikan sebagai sesuatu perbuatan yang dilakukan dengan hanya mengharapkan ridho Allah dan tidak mengharapkan pujian dari orang lain, imbalan atau balasan apapun.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho-Nya."

Buah keikhlasan akan selalu dapat dirasakan oleh orang yang berbuat ikhlas. Saat melaksanakan ibadah, ia hanya melakukannya demi mengharap ridho Allah. Bilamana ia bekerja, ia akan berusaha dengan sungguh-sungguh, mencari nafkah tanpa pernah mengeluh akan beban kerja dan walaupun pendapatannya tak seberapa, ia tetap akan merasakan ringannya beban dan kebahagiaan. Itulah nikmat dari Allah sebagai imbalan keikhlasannya.

Sikap ikhlas sejatinya akan membawa pelakunya pada ketenangan dan ketentraman. Selain amal ibadahnya diterima oleh Allah, ia akan senantiasa dekat dengan pertolongan Allah.







Iklan Baris Menjual Jaket bola dengan harga Murah dan ada diskon juga.. Welcome reseller dan dropship

Peluang Bisnis Distributor Produk Kesehatan dan Perawatan sehari-hari untuk Wanita, Pria & Anak-anak



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar