find us on : | Online : 3 | Today : 74 | Hits : 125 | Total Visitor : 388110
Rabu, 29 Januari 2014 - 15:30:05 WIB
Berhematlah!
by : NC | Kategori: Bisnis | Dibaca: 1421 kali

Kalau Anda berpikir bahwa hidup Hemat adalah gambaran orang Pelit, Anda salah besar! Coba tengok prinsip orang-orang keturunan Cina di Indonesia yang sudah sering diadaptasi oleh orang-orang Indonesia (pribumi). Karena mereka hemat, maka mereka sukses. Mereka memilih tinggal di ruko - rumah toko, ketika memulai usaha dengan pertimbangan tak perlu menyewa lagi tempat usaha. Semua anggota keluarga dikerahkan dalam usaha mereka, ketimbang membayar pegawai.

Berhemat bukanlah pelit, karena berhemat pada prinsipnya adalah meminimalisir konsumsi kebutuhan hanya pada yang pokok saja, dan menyimpan kelebihan untuk dinikmati di masa yang akan datang. Sementara hidup boros adalah kebalikannya, mengkonsumsi lebih banyak dengan memanfaatkan kelebihan di awal.

Menghargai pendapatan yang Anda raih (uang) dengan berhemat, berarti Anda telah bijak menyiapkan masa depan finansial Anda yang lebih stabil.

Berikut ini tips-tips berhemat yang dikutip dari berbagai sumber;

1.Catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda.
Dengan teliti pada setiap receh yang Anda terima dan keluarkan, Anda akan lebih bisa memilah mana kebutuhan yang lebih penting, mana yang harus disingkirkan.

2. Isi tabungan Anda
Temukan pengeluaran-pengeluaran konsumtif dari daftar pengeuaran Anda, lalu alihkan ke tabungan. Masukkan kelebihan uang yang tersisa di akhir bulan ke tabungan Anda. Atau kalau ingin memilih cara yang diterapkan oleh seorang finansial planner, Ahmad Gozali, menabunglah di awal bulan, saat Anda menerima gaji.

3. Simpan kartu ATM dan Kartu kredit yang Anda miliki
Mengutip kata-kata Ribert T. Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, 'Setiap kali anda berhutang uang pada seseorang, maka Anda akan menjadi pegawai uang mereka.' Artinya, Anda akan bekerja hanya untuk melunasi hutang. Percayalah, kehidupan finansial Anda akan lebih baik bila Anda menghindari hutang.

4. Ubah gaya hidup Anda
Mengubah gaya hidup bukan berarti mengubah gaya Anda. Anda hanya perlu bersiasat, mengalihkan semua yang bersifat boros ke hal-hal yang lebih sederhana. Contohnya, Anda bisa lari mengelilingi komplek perumahan Anda, ketimbang menghabiskan uang Anda ke gym.

Selamat berhemat. Anda akan merasakan hasil yang luar biasa.






Iklan Baris Expidisi di sungai mahakam pengankutan barang atau sejenisnya Memberikan Pelayanan yg terbaik.

Di Jual Rumah Ada 2 unit luas 120m2 tingkat 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 550jta perunit



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar