find us on : | Online : 2 | Today : 278 | Hits : 778 | Total Visitor : 452426
Selasa, 28 Oktober 2014 - 07:07:17 WIB
Berbisnis dan Bersinergi
by : NC | Kategori: Bisnis | Dibaca: 2379 kali

Dalam usaha apapun kita pasti akan berhadapan dengan pesaing. Dari usaha kecil sampai besar tidak luput dari pesaing. Tidak ada tempat dalam bisnis yang bisa menghindari dari persaingan, kemanapun usaha apapun kita.
Karena persaingan tidak bisa di hindari, maka kita harus merubah sudut pandang terhadap pesaing. Daripada menganggapnya sebagai musuh, lebih baik kita jadikan mitra.
Kehadiran pesaing bahkan menjadi penting untuk memotivasi perkembangan bisnis kita, merangsang ide-ide kreatif kita. Banyak pengusaha sukses justru lahir dari persaingan dan bermitra membangun bersama untuk tujuan yang sama.
Sudah jamak bahwa banyak diantara pebisnis yang tidak sabar menghadapi persaingan, lalu tergoda untuk bermain curang dan berusaha melemahkan pesaing dengan cara apapun. Padahal, merubah cara pandang pesaing menjadi mitra, akan menjadikan pesaing sebagai guru dan motivator dalam setiap ide kreatif kita. Tanpa pesaing produk kita akan sulit berkembang.
Percayalah, rejeki tidak akan mungkin berkurang dengan adanya pesaing. Fokuslah pada produk kita, jangan habiskan energi kita untuk memikirkan pesaing. Hadapilah medan pasar dengan produktif. Kembangkan kemampuan kita setajam mungkin, lalu bergerak terus dengan karya-karya baru. Bersaing hanya boleh dilakukan apabila untuk memacu adrenalin kreativitas kita, bukan melemahkan dengan cara curang.
Coba lihat Anang Sujana. Di Hayashi Toys, Anang Sujana menghindari pesaing dengan strategi membuat pasar baru dan menjual sistem, lalu menciptakan pesaing baru untuk bersinergi. Ia bahkan jadikan pesaing menjadi sahabat dan saling bersilaturahmi lalu bersinergi. Dengan demikian, inovasi akan terus muncul, perekonomian akan terus tumbuh dan usaha akan terus berkembang.

(sumber: anangsujana.com)






Iklan Baris cara menghasilkan uang secara online, resmi bersertifikat nasional dan internasional.

Bisnis syariah All payment berbasis teknologi



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar