find us on : | Online : 6 | Today : 47 | Hits : 168 | Total Visitor : 336265
Selasa, 01 April 2014 - 07:08:30 WIB
Belajar dari Mbok Pecel
by : NC | Kategori: Bisnis | Dibaca: 1440 kali

Sore ini ada yang berbeda dari Mbok Wi. Biasanya, orang-orang kampung akan melihatnya pagi-pagi sudah berkeliling membawa dagangan buatannya berupa makanan untuk sarapan. Ketan kukus, aneka gorengan, donat. Kadang Mbok Wi juga membuat mie goreng atau bihun goreng. Tapi sore ini, suara Mbok Wi terdengar membawa dagangan baru, pecel sayur. Sayur-sayuran yang direbus lalu disiram kuah pecel, ditambah sepotong bakwan atau tahu goreng. Di bakulnya juga tetap tersedia donat kentang, dan mie atau bihun goreng.

Ketika ditanya mengapa Mbok Wi tidak menjual makanan untuk sarapan lagi, Mbok Wi menjelaskan, “Kalau pagi banyak saingannya. Ada tukang bubur, nasi uduk, lontong sayur. Semuanya dagang keliling. Saya keluar (rumah) jam 7, masih untung kalau jam 10 sudah habis. Kalau nggak, ya  bisa sampai siang. Belum lagi nyiapinnya. Ayam belum melek saya sudah bangun. Capek.”
“Kalau sore, saya agak santai. Nyiapinnya juga nggak buru-buru. Keluar jam setengah lima aja, belom jam enam  dagangan saya sudah habis.”

Tak perlu disangkal lagi, bahwa apapun jenis usaha yang Anda jalani, membutuhkan manajemen penjualan yang baik. Seperti Mbok Wi. Beliau mungkin tidak mengenyam pendidikan yang tinggi, tapi beliau mampu membaca ‘peluang’ pasar. Apa yang dibutuhkan pasar dan kapan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk. Strategi yang bagaimana yang harus dijalani. Semua itu tidak bisa dianggap sepele dan dijadikan angin lalu. Diperlukan kemauan serta disiplin yang tinggi untuk bisa menguasai pengetahuan itu. Bukan tidak mungkin, Mbok Wi, kalau beliau juga pandai mengatur keuangannya,  kesuksesan juga bisa diraih Mbok Wi, kan?






Iklan Baris buku BERBISNIS DG IMAN DAN BUKU MENJADI MUSLIM MILIARDER,SEDIA DI GRAMEDIA.

Punya BB, facebook, twitter tapi belum hasilkan uang? malah ngabisin quota, yuk jualan baju aja



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar