find us on : | Online : 6 | Today : 51 | Hits : 227 | Total Visitor : 336269
Selasa, 14 Oktober 2014 - 07:07:07 WIB
Bebas Hutang
by : NC | Kategori: Motivasi | Dibaca: 3116 kali

Banyak orang menggunakan uang bukan dari hasil pendapatan, hanya untuk membeli barang yang bukan kebutuhannya. Padahal barang yang dibeli tidak disukai, hanya untuk pamer pada orang yang tidak disukai.
Menggunakan uang yang tidak terkontrol bisa bikin berantakan tujuan hidup kita, karena hal ini bisa menjadi sumber malapetaka.
Coba periksa lemari pakaian, atau tempat menyimpan perabotan rumah. Anda  kumpulkan dan lihat barang-barang apa yang sudah tidak digunakan dalam waktu lama. Periksa! Mungkin Anda akan kaget ternyata banyak barang yang anda beli dan hampir belum pernah digunakan dalam waktu 1 tahun!
Pada awalnya kita tidak membutuhkan barang tersebut, hanya senang membeli. Tanpa disadari kita sudah mengeluarkan uang banyak, yang bila dijumlahkan bisa jadi bisa melunasi hutang kartu kredit kita.
Salah satu cara kontrol uang bisa dengan mulai membeli cash untuk semua kebutuhan. Dengan beli tunai kita akan terbatasi dan berpikir cermat. Setiap keinginan akan dipertimbangkan, dengan bijaksana dan hati-hati.
Ingatlah, gaya hidup tidak mengurangi pentingnya investasi dan pentingnya menabung, maka bersikaplah hemat dalam setiap membeli barang untuk membiayai gaya hidup. Belilah barang ‘tidak penting’ yang lebih murah agar bisa membeli barang yang lebih penting. Lakukan terus seperti itu.
Anda perlu mengubah perilaku, menjadi lebih agresif dalam menabung, dan lebih sedikit membuat pengeluaran. Anggaplah uang hanya sebagai permainan. Jalani hidup dengan tidak terlalu konsumtif. Buang saja semua kartu kredit yang Anda miliki, apalagi bila bunganya tinggi.
Jangan mau menjadi korban kartu kredit, hipotek, kredit mobil dan lain sebagainya. Hal itu hanya akan membuat Anda mengumpulkan hutang pribadi. Anda akan kewalahan, dan masuk dalam lilitan hutang. Penyakit lilitan hutang adalah meminjam uang. Karena itu, berhentilah berhutang.

(diadaptasi dari www.anangsujana.com)






Iklan Baris Bisnis syariah All payment berbasis teknologi

Dapatkan berbagai inspirasi untuk mengHEBAT setiap hari...



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar