find us on : | Online : 2 | Today : 190 | Hits : 425 | Total Visitor : 387708
Selasa, 23 September 2014 - 07:07:17 WIB
Allah Menyediakan Balasan yang Terbaik
by : NC | Kategori: Spritual | Dibaca: 1695 kali

Orang-orang yang enggan bersedekah, secara tidak langsung mengira bahwa Tuhan tidak mampu membalas amal saleh mereka. Mungkin mereka berpikir Tuhan  itu miskin dan pelit. Terang saja anggapan itu sangat ngawur! Sungguh, Allah itu Mahakaya untuk membalas sedekah yang dilakukan hamba-hamba-Nya. Allah juga Maha Pemurah yang senantiasa membalas kebaikan yang kecil dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda.      
Di antara nama-nama Allah yang terangkai dalam Asmaul Husna, terdapat Al-Ghaniy dan Al-Mughniy. Al-Ghaniy, secara bahasa, berarti kecukupan, baik menyangkut materi maupun selainnya. Allah Al-Ghaniy artinya Allah Mahakaya. Allah tidak membutuhkan kepada apa dan siapapun. Dia-lah pemilik segala kekayaan yang ada di alam ini.
    Al-Qur’an menegaskan, “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (QS. Al-Baqarah [2]: 267).

    Ayat di atas terang memerintahkan kita agar menginfakkan (baca: bersedekah) sebagian dari hasil usaha (penghasilan) yang kita peroleh. Ayat di atas juga mengingatkan kita agar tidak mengeluarkan infak yang tidak layak. Akan tetapi, infakkanlah sebagian dari hasil usaha kita dengan layak. Pada bagian akhir, ayat tersebut  menegaskan bahwa Allah Mahakaya untuk memberikan balasan terbaik atas infak yang telah kita keluarkan itu.
    Demikianlah makna Al-Ghaniy, lalu bagaimana dengan Al-Mughniy? Al-Mughniy, secara bahasa, berarti pemberi kekayaan. Allah Al-Mughniy artinya Allah memberikan kekayaan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Allah pula yang mencukupkan kebutuhan semua makhluk-Nya.
Al-Qur’an menerangkan, “…Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.” (QS. At-Taubah [9]: 28).






Iklan Baris Peluang Bisnis Distributor Produk Kesehatan dan Perawatan sehari-hari untuk Wanita, Pria & Anak-anak

Menjual Jaket bola dengan harga Murah dan ada diskon juga.. Welcome reseller dan dropship



Artikel Terkait


Komentar :



Isi Komentar

Klik untuk menampilkan Form Komentar